oleh

Waspada! Gunung Merapi Kembali Meletus

KABARHARIANNUSANTARA.COM – Waspada! Gunung Merapi Kembali Meletus Setelah beberapa lama Gunung Merapi tenang dan tidak meletus, ternyata Belum lama ini pada hari Minggu 17 November 2019 gunung Merapi kembali meletus dan langsung diinformasikan melalui akun Instagram bpptkg di mana untuk kolom asap mencapai ketinggian lebih dari 1000 meter dan hal ini patut untuk diwaspadai oleh masyarakat sekitar yang ada di Gunung Merapi.

Kabar Gunung Merapi meletus pertama kali disampaikan oleh Balai penyelidikan dan pengembangan teknologi kebencanaan geologi melalui akun Instagram mereka yaitu @bpptkg dimana pada Akun tersebut dituliskan apabila sudah terjadi letusan Gunung Merapi per tanggal 17 November 2019 sekitar jam 10:46 WIB dan letusan tersebut di seismogram dengan amplitudo mencapai 70 MM dengan durasi sekitar 155 detik dan selanjutnya untuk ketinggian letusan mencapai 1000 meter dan untuk angin bertiup ke arah barat. Untuk status waspada nya sendiri ditulis oleh akun Instagram bpptkg ya itu sudah dimulai status waspada semenjak tanggal 21 mei 2018 yang lalu.

Berdasarkan atas laporan dari pihak bpptkg terkait Gunung Merapi kembali meletus pada hari ini minggu jam 10 pagi, maka dari Akun tersebut bagi masyarakat harus tetap waspada akan tetapi tidak usah panik dikarenakan hal ini menjadi sesuatu yang biasa dikarenakan Gunung Merapi tersebut masih aktif dan ketika letusan kali ini, angin bertiup ke arah barat atau ke Magelang.

Selanjutnya catatan laporan terkait Gunung Merapi sejak tanggal 8 sampai 14 November 2019, kubah lapak dalam keadaan stabil dengan laju pertumbuhan yang masih relatif rendah dan tidak terlalu berbahaya dan selanjutnya aktivitas Gunung Merapi masih lumayan tinggi sehingga sampai sekarang ini masih ditetapkan status Waspada.

Dengan adanya aktivitas Gunung Merapi yang masih terbilang relatif tinggi tersebut, maka potensi bahayanya yaitu adanya awan panas dan juga runtuhnya kubah lava dan kemungkinan besar adanya lontaran material vulkanik dari letusan eksplosif. Kepada seluruh warga dan wisatawan yang dekat di lokasi Gunung Merapi supaya tidak mendekat apalagi memasuki area puncak gunung berapi dikatakan berbahaya.

Waspada Gunung Merapi

Berdasarkan laporan bpptkg per tanggal 8 November sampai tanggal 14 November 2019, pihaknya sudah memberikan instruksi kepada seluruh warga dan juga wisatawan untuk berhati-hati dikarenakan status Gunung Merapi yang saat ini waspada dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

  • Untuk radius 3 km dari arah puncak gunung merapi sangat dianjurkan untuk dikosongkan dari aktivitas penduduk dan juga aktivitas wisatawan yang mendaki.
  • Bagi masyarakat yang ada di sekitar kali Gendol supaya meningkatkan kewaspadaan supaya ya lebih berhati-hati
  • Guguran lapak dan juga munculnya awan panas bisa berpotensi menimbulkan hujan abu, sehingga warga yang memang dekat dengan lokasi Gunung Merapi bisa memperhatikan masalah tersebut
  • Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada terhadap bahaya lahan Terutama ketika munculnya hujan di sekitaran Gunung Merapi
  • Apabila adanya perubahan aktivitas gunung berapi yang memang sudah signifikan, maka pihak terkait akan kembali meninjau status gunung berapi tersebut.

Komentar

News Feed