oleh

Video Detik-detik Jembatan Kuning Palu Roboh Akibat Tsunami di Sulawesi

KABARHARIANNUSANTARA.COM – Video Detik-detik Jembatan Kuning Palu Roboh Akibat Tsunami di Sulawesi Bangsa Indonesia sekarang ini kembali berduka setelah bencana alam gempa di iringi tsunami menerjang provinsi Sulawesi Tengah tepatnya di Palu, ketika Kejadian ini banyak sekali beberapa daerah di lokasi tersebut yang porak-poranda dan juga gempa bumi yang maha dahsyat.

Salah satu bangunan yang menjadi ikon kota Palu yang tidak luput dari terjangan tsunami dan gempa yaitu Jembatan Kuning Palu yang biasa dikenal oleh masyarakat setempat sebagai jembatan ponulele. Jembatan yang sangat cantik ini berakhir tragis setelah diterjang air bah yang sangat besar sehingga memporak-porandakan kondisi Jembatan tersebut.

Video jembatan ponulele atau Jembatan Kuning Palu yang hancur diterjang badai tsunami dan gempa di media sosial sekarang ini langsung beredar luas bersamaan dengan beberapa foto yang memperlihatkan sebelum dan sesudah jembatan megah yang menjadi ikon kota Palu tersebut hancur terbawa oleh air. Terlihat jelas apabila jembatan lengkung pertama di indonesia tersebut tidak bisa menahan air yang maha dahsyat sampai roboh dan hancur, malahan sangat membuat banyak orang Haru jembatan Kuning yang tadinya kokoh berdiri Kondisinya sudah tidak semegah saat itu.

Terlihat jelas pada video yang beredar luas di media sosial apabila beberapa tiang penyangga Jembatan Kuning langsung hancur dan terbawa arus air, di mana jembatan yang pada mulanya berbentuk melengkung sudah tidak mempunyai bentuk lagi sehingga pastinya hal ini langsung membuat haru masyarakat sekitar dan umumnya masyarakat di Indonesia yang sudah bangga dengan keberadaan Jembatan Kuning yang ada di Palu ini.

Video yang diunggah oleh kepala pusat data informasi dan humas BNPB yaitu Sutopo Purwo Nugroho langsung viral di media sosial Twitter dikarenakan jembatan yang menjadi salah satu ikon kota Palu tersebut lihat kondisinya sangat mengkhawatirkan dan roboh akibat diterjang badai tsunami dan juga gempa dengan kekuatan 7,7 SR.

Seperti diketahui dari pengakuan Sutopo, apabila jembatan ini hancur setelah diguncang gempa 7,7 SR yang terjadi di daerah Donggala dan berakibat jembatan ini pun ikut hancur, padahal menurut Sutopo apabila gempa ini berasal dari daerah sesar Palu koro yang masih aktif selanjutnya bergerak dan melintasi kota Palu sehingga menerjang Jembatan Kuning Palu yang kokoh berdiri selanjutnya hancur tak berkeping.

Bukan hanya itu saja, sutopo menambahkan apabila jembatan yang menjadi salah satu ikon bagi masyarakat di kota Palu langsung hancur lebur dikarenakan terjangan tsunami di pantai sekitarnya. Malahan beberapa Pemukiman yang berada di bawah jembatan tidak bisa menghindar dari terjangan tsunami karena Semuanya hancur tersapu badai tsunami yang maha dahsyat tersebut.

Seperti diketahui apabila Jembatan Kuning Palu berdiri pada bulan Mei 2006 Silam yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di mana Jembatan ini menjadi salah satu jembatan lengkung pertama di Indonesia yang membentang di atas teluk talise dan lokasinya berada di daerah Kelurahan besusu dan lere dan menjadi penghubung daerah Palu Timur dan Palu Barat.

Komentar

News Feed