oleh

Ujian Praktik Mengajar Menjadi Salah satu syarat mutlak untuk menjadi alumni Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang

Salah satu syarat mutlak untuk menjadi alumni Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang adalah lulus Ujian Praktik Mengajar yang biasa disebut dengan al-Tarbiyah al-Amaliyah
Al-Tarbiyah al-Amaliyah berupa simulasi praktik mengajar yang dilakukan oleh setiap siswa akhir KMI di kelas dan materi tertentu, serta dibimbing minimal 2 orang pembimbing dari guru KMI.
Sebelum menghadapi rentetan ujian praktik, siswa akhir KMI diharuskan mengikuti berbagai pengarahan mengenai keguruan dan tata cara mengajar. Setelah itu, sebelum ujian dilaksanakan perkelompok, diadakanlah al-Tarbiyah al-Amaliyah Perdana baik di putra maupun di putri.
Di akhir setiap ujian praktik, setiap kelompok wajib melaksanakan Darsu al-Naqd, yaitu pelajaran bagaimana memberi kritikan terhadap berbagai kesalahan yang terjadi selama pelaksanakan al-Tarbiyah al-Amaliyah.
Kulliyyatul Mua’llimin Al-Islamiyyah (KMI) sebagai kurikulum Al-Ikhlas Taliwang, memiliki tujuan utama melahirkan guru-guru muslim, yang dalam hal ini al-Tarbiyah al-Amaliyah-lah kunci utamanya. Dengan kegiatan tersebut dapat diketahui apakah seorang siswa akhir sudah layak untuk menjadi guru yang merupakan hakikat alumni Al-Ikhlas Taliwang.
“Apapun profesimu kelak di masyarakat, jangan lupa untuk tetap mengajar dan menjadi guru, minimal menjadi guru buat anak-anakmu di rumah. Ingat Rasulullah saw diutus sebagai guru, para ‘ulama merupakan pewaris para Nabi, sebaik-baiknya kalian adalah yang belajar al-Qur’an dan mengajarkannya, jadi bukan sekedar belajar, harus bisa juga mengajarkannya, bahkan dalam surat ali Imran ayat 79 dinyatakan untuk menjadi manusia rabbani yang mengajarkan dan belajar al-Qur’an”. Demikianlah sedikit kutipan dari pengarahan bapak pimpinan pondok Al-Ustadz Lalu Mujahid Imaduddin S.H.I, M.Ag.
Selanjutnya para Santri Akhir KMI akan menghadapi Ujian Akhir KMI dimulai dengan ujian lisan dan dilanjutkan dengan ujian tulis. Semoga semuanya dimudahkan dan diberkahi Allah SWT. Amin.

Essay writing is an unusual artwork papertyper.net. Composing an autobiography is a massive task. Pick the very best writer you realize. You are going to locate some easy instructions for writing successful basic and compoundsentences.

The authorship of the disclaimer might be a demanding task for a person who has never written one before, therefore Iwill offer you a succinct manual which you may use and follow. Even though creating an auto Biography is a striving job ( presenting all the details briefly ), it may possibly end up being a gratifying experience in due time. End in the form of your dissertation idea.

Komentar

News Feed