oleh

Tips Mengontrol Berat Badan Ketika Hamil

KABARHARIANNUSANTARA.COM – Tips Mengontrol Berat Badan Ketika Hamil Bagi kebanyakan ibu yang sedang hamil maka biasanya mereka akan berhadapan dengan masalah berat badan yang akan naik. Akan tetapi harus anda ketahui apabila mengontrol berat badan walaupun sedang hamil adalah sesuatu yang sangat dianjurkan dikarenakan peningkatan berat badan yang terlalu berlebih dan tidak ada kontrol sama sekali maka hal tersebut, bisa berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada ada di dalam perut sang ibu. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan kontrol berat badan ketika hamil.

Tips mengontrol berat badan ketika hamil yang bisa dilakukan kan oleh anda semua bertujuan supaya membuat ibu hamil dan juga janin tetap sehat pasalnya ketika selalu naik BB, maka hal ini akan mempengaruhi terhadap kesehatan janin dan juga ibu hamil. Untuk normal kenaikan berat badan ibu hamil sendiri yaitu antara 11 kg sampai 15 kg selama kehamilan dan apabila ibu hamil mempunyai berat badan yang kurang atau underweight, maka direkomendasikan menaikkan berat badan antara 12 sampai 18 kilo.

Standar untuk kenaikan berat badan bagi ibu hamil dibuat untuk kesehatan janin dan juga ibu hamil tersendiri dikenakan apabila berat badan bumil kurang maka akan menimbulkan beberapa resiko salah satunya resiko kelahiran prematur sampai resiko bayi lahir dengan berat badan yang cenderung rendah sehingga hal ini akan membuat sang bayi mudah terserang penyakit.

Cara mengontrol berat badan ketika hamil

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh bumil untuk mengontrol berat badan saat hamil diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil akan tetapi sering

Cara pertama supaya bisa mengontrol berat badan bagi ibu hamil yaitu memakan makanan yang sehat dengan porsi kecil akan tetapi dilakukan dengan seringdan Ubahlah cara makan dalam karena sangat tidak baik.

Anda bisa mengurangi keinginan untuk makan dalam jumlah yang berlebihan akan tetapi porsi kecil namun sering dilakukan.

Mengkonsumsi makanan yang sehat

Supaya bisa mengontrol berat badan bumil maka konsumsilah makanan yang benar-benar sehat dan dianjurkan bagi ibu hamil mulai yang mengandung karbohidrat diantaranya nasi, sereal, dan pasta. Selanjutnya yang mengandung protein diantaranya ikan, telur, dan kacang-kacangan dan juga yang mengandung lemak diantaranya jagung sampai minyak zaitun.

Kendalikanlah nafsu makan ketika ngidam

Bagi ibu hamil pastinya akan ada waktu untuk ngidam atau menginginkan sesuatu, maka sangat direkomendasikan supaya Anda mengendalikan nafsu untuk makanan saat Anda ngidam dikarenakan hal ini supaya bisa mengontrol makanan ataupun minuman yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil.

Minum air putih yang banyak

Ketika anda semua sedang dalam keadaan hamil maka dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak dibandingkan saat belum hamil yaitu sekitar 3 liter setiap hari dengan alasan supaya bisa menjaga tubuh tidak dehidrasi dan juga dengan mengkonsumsi air putih yang banyak bisa membantu bumil untuk mengontrol berat badan.

Olahraga secara rutin

Selanjutnya tips yang bisa kalian lakukan supaya bisa mengontrol berat badan saat hamil yaitu dengan melakukan olahraga rutin akan tetapi tidak membuat kalian capek dan masih aman dilakukan oleh bumil.

Itulah pembahasan kami tentang bagaimana tips mengontrol berat badan ketika hamil yang bisa dilakukan oleh anda semua dimana Dengan mengontrol berat badan tersebut, kesehatan ibu hamil dan juga janin bisa terjaga dengan baik. Semoga artikel Yang kamu bahas pada hari ini bisa menjadi referensi untuk kalian semua dan selamat mencoba.

Komentar

News Feed