oleh

Rahasia Dibalik Melakukan Olahraga Jalan Cepat Agar Bisa Panjang Umur

Jalan Cepat
Jalan Cepat

Rahasia Dibalik Melakukan Olahraga Jalan Cepat Agar Bisa Panjang Umur – Bisa panjang umur dan hidup sehat merupakan dambaan banyak orang, maka tidak heran untuk mencapai itu semua kita harus menghilangkan kebiasaan malas dan terus meningkatkan kebiasaan hidup sehat termasuk salah satunya jalan cepat. Salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan untuk menjalani gaya hidup sehat adalah melakukan olahraga rutin setiap hari agar tubuh bugar dan tidak mudah lelah.

Rupanya, sebuah penelitian baru menemukan pentingnya melakukan aktivitas jalan cepat karena bisa mengurangi tingkat kematian dini pada manusia. Disebut oleh penelitian berasal dari Australia bahwa kebiasaan melakukan olahraga ringan yaitu dengan berjalan cepat tersebut bisa membuat pelakunya berumur panjang.
Kelebihan lain yang bisa dimiliki dari melakukan olahraga seperti ini juga banyak, salah satunya terlindung dari penyakit kardiovaskular serta penyakit berbahaya lainnya yang mengancam kesehatan manusia. Dengan begitu, lakukanlah olahraga ringan yaitu berjalan cepat, sehingga membuat kualitas hidupmu lebih baik dan terhindar dari berbagai penyakit.

Berdasarkan sebelas survey yang pernah dilakukan oleh penelitian di jurnal British Journal of Sports Medicine tahun 1994 hingga 2004 yang ada kaitannya secara khusus dengan kematian dan telah melakukan penelitian terhadap 5000 orang yang ada di Skotlandia dan Inggris.

Dari penelitian tersebut kemudian ditemukan hubungan penting antara berjalan cepat dan kematian. Kematian akibat kanker dan serangan kardiovaskular termasuk yang paling tinggi menjadi faktor resikonya.
Penurunan resiko kematian sebanyak 20 persen berhasil ditemukan oleh peneliti dengan melakukan olahraga jalan cepat secara rutin dan sehat. Selain itu, aktivitas berjalan cepat juga mampu menurunkan terjadinya kematian seseorang karena serangan penyakit jantung dan stroke. Disebutkan oleh penelitian ini bahwa dalam melakukan olahraga berjalan cepat yaitu 5 sampai 7 km per jam akan tetapi bisa disesuaikan dengan kebugaran tubuh sendiri.

Mungkin manfaat melakukan berjalan cepat tidak bisa langsung dirasakan secara nyata oleh tubuh kita, akan tetapi aktivitas seperti ini bisa kita rasakan setelah umur 60 tahun ke atas atau lanjut usia. Saat manusia yang rajin olahraga jalan cepat sudah menginjak umur tersebut maka dapat menurunkan hingga 53% resiko terserang penyakit kardiovaskular.

Komentar

News Feed