oleh

Penerimaan CPNS 2018 Akan Dibuka Akhir Juli 2018, Simak Beberapa Fakta Penting Ini

Cpns 2018
Cpns 2018

Penerimaan CPNS 2018 Akan Dibuka Akhir Juli 2018, Simak Beberapa Fakta Penting Ini – Penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) 2018 akan dibuka dalam waktu dekat ini. Bahkan banyak informasi yang menyatakan bahwa penerimaan CPNS 2018 tersebut akan dibuka pada akhir Juli tahun ini. Tentu ini merupakan kabar baik bagi para penunggu pembukaan CPNS karena hendak mendaftar dan mengambil kesempatan atau peluang untuk menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil). Kesempatan seperti ini tentu tidak akan disia-siakan oleh para pencari lowongan pekerjaan.

Selain itu, pembukaan CPNS 2018 ini diutamakan untuk dapat memenuhi kuota kebutuhan pegawai di daerah-daerah. Disebut oleh Asman Abnur selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengungkap bahwa kini pihak kementeriannya sedang melakukan beberapa kajian ke berbagai lembaga dan Kementerian terkait, salah satu yang dibahas juga tentang berapa formasi yang akan dibuka untuk setiap lembaga dan kementerian tersebut.

Mendekati pembukaan CPNS 2018 ini, perlu diketahui bahwa ada beberapa fakta menarik yang terangkum seperti dibawah ini seputar penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil seperti :

1. Dibuka Akhir Juli
Pemerintah memang sudah memberikan pengumuman adanya lowongan CPNS 2018, namun masih belum memberikan informasi lebih lanjut tentang tanggal kepastian mulai dibukanya penerimaan CPNS ini. Namun yang pasti, akhir Juli ditargetkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk pembukaan CPNS tahun ini.

2. Formasi CPNS
Fakta selanjutnya berupa formasi CPNS 2018 yang juga masih belum diumumkan oleh pemerintah, bahkan sampai saat ini masih dalam proses validasi. Pemerintah lewat Kemenerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terus menindaklanjuti berapa jumlah reformasi yang akan dibuka untuk setiap instansi. Meski begitu, pemerintah memastikan bahwa kuota yang dibuka lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

3. Lebih memprioritaskan Tenaga Guru dan Kesehatan
Nah, untuk penerimaan CPNS tahun 2018 ini pemerintah lebih memprioritaskan pada tenaga guru dan kesehatan dengan jumlah formasi lebih banyak dibanding lainnya. Sehingga dapat dijadikan kesempatan bagi tenaga honorer atau yang baru saja lulus dengan mengambil kesempatan di bidang ini.

4. Memberi Keistimewaan bagi atlet berprestasi
Kabar baik bagi para atlet dengan segudang prestasi tinggi karena pemerintah memberikan penghargaan sebesar-besarnya dalam penerimaan CPNS 2018 ini. Disebutkan oleh Mudzakir selaku kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan-RB bahwa atlet akan diistimewakan oleh pemerintah, terlepas dari formasi umum yang dibuka saat ini.

5. Sistem seleksi CPNS 2018 integrasi
Dengan sistem integrasi ini maka seleksi untuk penerimaan CPNS 2018 ini lebih bersifat kredibel. Pemberlakuan integrasi ini adalah untuk menghindari terjadinya protes publik di CPNS Kementerian keuangan seperti tahun lalu. Seperti diketahui, pada tahun 2017, banyak peserta yang telah lolos passing grade akan tetapi tak dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya, justru peserta yang nilainya rendah bisa melaju ke tahapan berikutnya.

Komentar

News Feed