oleh

Pendaftaran CPNS 2018 Akan Dibuka Akhir Juli 2018 Secara Terpusat Lewat Website Ini

Pendaftaran Cpns
Pendaftaran Cpns

Pendaftaran CPNS 2018 Akan Dibuka Akhir Juli 2018 Secara Terpusat Lewat Website Ini – Pendaftaran CPNS 2018 akan dibuka mulai minggu terakhir bulan Juli 2018 ini, sudah banyak orang yang menantikan pembukaan CPNS tersebut karena hendak mengambil kesempatan menjadi PNS. Beda seperti tahun sebelum-sebelumnya, untuk tahun ini pendaftran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS akan dibuka secara terpusat lewat portal nasional di website http://sscn.bkn.go.id.

Hal itu juga diungkapkan oleh Iwan Hermanto selaku Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), menurutnya nanti tidak akan ada pendaftaran lewat portal mandiri dari lembaga-lembaga tertentu karena setiap instansi akan terpusat melalui website tersebut.

Diharapkan dengan adanya perubahan pada mekanisme pendaftaran CPNS tersebut, akan lebih mempersingkat pendaftaran CPNS serta memberi kepuasan lebih terhadap para pelamar nantinya mendaftar lewat satu jalur secara terpusat saja. Iwan juga telah menyampaikan sistem pendaftaran terintegrasi itu kepada para jajaran pengelola kepegawaian instansi pusat dan daerah dalam rapat koordinasi nasional kepegawaian 2018.

Dimana pembahasan dalam rapat koordinasi itu juga membahas tentang bagaimana persiapan sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memberikan pelayanan publik pada era revolusi industri 4.0. Dimna revolusi industri dunia ke-4 tersebut berisi bahwa ASN kedepannya dapat memberikan pelayanan lebih baik sehingga menjadi efektif dan efisien lagi.

Karena itulah, pendaftaran CPNS tahun 2018 ini dilakukan secara terpusat dan layanannya juga berbasis digital. Prosesnya juga dimulai dar rekruitment yang berbasis online serta seleksi yang lebih transparan dan terbuka dengan computer assisted test atau CAT BKN yang sebenarnya proses ini sudah dimulai sejak tahun 2010 silam.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asma Abnur mengungkap jadwal untuk pendaftaran CPNS akan segera diumumkan secara umum kepada semua masyarakat dalam waktu dekat ini. Berdasarkan informasi yang beredar, disebutkan bahwa akhir Juli tahun ini pendataran bakal CPNS akan mulai dibuka. Saat ini menurut Asman, sedang dalam masa finalisasi, setelah semuanya final maka akan segera diumumkan ke publik.

Lebih lanjut, Asman menyatakan harapannya untuk segera bisa merealisasikan pembukaan CPNS ini di bulan Juli 2018. Apalagi menurut Asman saat ini jumlah PNS yang akan direkrut dalam masa pendaftaran CPNS tersdebut mencapai 250 ribu kursi yang siap diperebutkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Namun Asman masih belum mau memberikan bocoran terkait fomasi CPNS tersebut karena menurutnya masih membutuhkan waktu untuk dapat melakukan finalisasi tersebut. Kementeriannya yang bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) masih mempertimbangkan beberapa faktor, misalnya saja faktor jumlah pegawai yang akan pensiun di tahun ini serta anggaran belanja pegawai di pemerintah pusat maupun daerah.

Komentar

News Feed