oleh

Manfaat Bawang Putih Yang Sudah Tumbuh Tunas Rupanya Baik Untuk Kekebalan Tubuh dan Penyakit Kanker

Bawang Putih
Bawang Putih

Manfaat Bawang Putih Yang Sudah Tumbuh Tunas Rupanya Baik Untuk Kekebalan Tubuh dan Penyakit Kanker – Bawang putih merupakan salah satu bahan bumbu rempah rempah yang sudah cukup populer di seluruh dunia. Bahkan bawang putih ini menjadi bahan utama yang harus ada pada setiap bumbu masakan. Namun tahukah kamu bahwa selain untuk bumbu, sudah sejak jaman dulu kala bawang putih juga digunakan untuk pengobatan herbal karena kaya manfaat.

Bahkan sudah banyak masyarakat dunia percaya bahwa bawang putih memiliki manfaat tinggi yang baik untuk kesehatan, sehingga bisa digunakan sebagai obat serta bumbu makanan yang lezat. Tidak hanya wacana semata, bawang putih pun juga menjadi benda ampuh yang bisa melawan penyakit ringan hingga berbahaya, mulai dari penyakit arteri, bahkan kanker sekalipun.

Bawang putih juga diketahui sebagai bawang yang memiliki kandungan pangan baik, kaya selenium serta vitamin C didalamnya. Tak hanya itu saja, kandungan bawang putih yang lain diantaranya adalah kalsium, besi, fosfor, tembaga dan lain-lain.

Sering kali yang terjadi beberapa orang membuang bawang putih di dapurnya yang telah ditumbuhi tunas karena dirasa bawang tersebut sudah tua sehingga tidak perlu digunakan lagi. Namun ternyata, hal tersebut bukanlah pilihan tepat karena ternyata bawang putih yang sudah tumbuh tunasnya itu rupanya banyak kandungan yang baik dan mungkin belum pernah kita pikirkan sebelumnya.

Di sejumlah penelitian lain juga memberikan hasil bahwa bawang putih sendiri sangat baik manfaatnya terutama untuk penyakit jantung. Meski bawang putih memiliki bau menyengat namun didalamnya terdapat kandungan antioksidan yang baik sehingga dapat membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat.

Bawang putih juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta menyembuhkan masalah hipertensi. Berdasarkan hasil penelitian dalam Journal of Agriculture and Food chemistry tahun 2014 silam menyebutkan bahwa bawang putih yang sedang tumbuh tunas lebih kaya akan antioksidan yang lebih banyak dan lebih bermanfaat tinggi ketimbang bawang putih yang tidak tumbuh tunas. Bahkan ketika pertumbuhan tunas tersebut telah berlangsung selama lima hari maka akan memiliki khasiat lebih tinggi dan meningkat drastis.

Hal tersebut menunjukkan bahwa bawang putih memang berkhasiat sangat baik untuk kesehatan dalam tubuh dan sistem kekebalan atau sistem imun. Oleh karena itulah, dari hasil penelitian menganjurkan untuk terus mengkonsumsi bawang putih terutama yang sudah tumbuh tunasnya.

Komentar

News Feed