oleh

Kronologi Tenggelamnya KM Lestari Maju di Perairan Selayar Memakan 4 Korban Tewas

Km Lestari Maju Tenggelam
Km Lestari Maju Tenggelam

Kronologi Tenggelamnya KM Lestari Maju di Perairan Selayar Memakan 4 Korban Tewas – KM Lestari Maju merupakan nama kapal yang tenggelam di perairan Selayar, kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan kemarin. Lagi dan lagi Indonesia mendapatkan kabar duka atas tenggelamnya kapal yang mengangkut banyak penumpang. Setelah beberapa waktu lalu kabar kapal tenggelam juga terjadi di perairan Danau Toba.

Kini giliran KM Lestari Maju yang mengalami nasib sama. Kapal tersebut tenggelam dengan membawa sebanyk 139 penumpang, tidak hanya manusia saja diketahui pula kapal ini juga mengangkut sebanyak 48 kendaraan seperti mobil pribadi, mobil box, sepeda motor dan lain-lain yang ikut hanyut ke laut.

Hal itu juga dibenarkan oleh Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) tentang tenggelamnya kapal dan berapa jumlah angkutannya.

Diketahui bahwa KM Lestari Maju ini harus tenggelam di perairan Selyar, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Kejadian ini berlangsung pada hari Selasa kemarin tepatnya pukul 14.30 WITA. Penyebab tenggelamnya kapal KM Lestari Maju tersebut lantaran lambung kapal mengalami kebocoran yang menjadi pemicu kapal tenggelam.

Dalam kejadian naas ini, dilaporkan oleh Kabid Humas Polda Sulsel yaitu Kombes Dicky Sondani bahwa terdapat sebanyak 4 korban yang harus meregang nyawanya. Kapal yang dinahkodai oleh Agus Susanto tersebut diketahui hendak menuju Pelabuhan Pamatata, kapal ini tenggelam sekitar 300 meter dari Pantai Pabadilang, Selayar.

Atas kejadian tersebut, maka tim Basarnas pun bergerak cepat untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan terhadap korban tenggelamnya kapal. Evakuasi juga terus dilakukan oleh kapal kapal nelayan. Penumpang yang sudah berhasil dievakuasi dan selamat sebagian sudah aman dan sebagiannya lagi masih ada di kapal serta terus dilakukan penyelamatan.

Evakuasi korban juga dibantu oleh Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLPP) Surabaya supaya korban bisa cepat selamat dari kapal. Diketahui berdasarkan data yang ada, kapal ini mengangkut sebanyak 48 kendaraan yang terdiri dari 18 kendaraan dengan roda dua, 14 kendaraan beroda empat, 8 golongan lima dan 8 lagi kendaraan golongan 6.

Saat ini seluruh penumpang kapal ketika diselamatkan sudah mengenakan baju atau jaket pelampung keselamatan sesuai dengan prosedur kapl yang telah dipandu oleh nahkoda dan kru kapal ketika tenggelam.

Komentar

News Feed