oleh

Kenali Gejala-Gejala Ini Yang Rentan Dialami Setiap Wanita Yang Memasuki Masa Menopause

Wanita Menopause
Wanita Menopause

Kenali Gejala-Gejala Ini Yang Rentan Dialami Setiap Wanita Yang Memasuki Masa Menopause – Menopause merupakan sebuah keadaan dimana wanita sudah tidak lagi mengalami menstruasi karena faktor usia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan University of Queensland menyebutkan bahwa rata-rata wanita yang usianya mencapai 48 tahun mengalami beberapa gejala dari menopause ini.

Kamu yang mungkin sudah menginjak usia tersebut, perlu mengetahui dan mempelajari apa saja gejala yang mungkin timbul dari menopause ini. Beberapa gejala yang dialami pun bisa jadi merupakan hal tak tak mengenakkan. Adanya perubahan hormon bisa menjadi penyebab terjadinya hal tersebut.

Dibawah ini beberapa ulasan tentang gejala menopause yang mungkin bisa timbul pada setiap wanita, penasaran apa saja? Simak dibawah ini :

1. Suasana hati
Suasana hati yang senang tentu akan menjadi pemicu hidup bahagia. Namun kadang suasana hati bisa berubah secara tiba-tiba saat wanita hendak menginjak menopause. Wanita dapat mengalami perubahan suasana secara tiba-tiba ketika mengalami menopause, hal ini sebenarnya karena hormon yang berubah di tubuh. Kadang suasana hati bisa berubah tanp ada sebab. Lama kelamaan nantinya suasana hati yang berubah akan menghilang seiring perubahan bentuk fisiologis tubuh.

2. Hot Flasehes
Keadaan seperti ini adalah sebuah gejala normal pada setiap wanita menopause atu perimenopause. Dengan keadaan ini, wanita akan mengalami keringat berlebih, detak jantungnya terasa lebih cepat dari biasa yang bisa berlanjut paling lama hingga 30 menit sekali. Hindari minuman beralkohol untuk mengurangi gejala tersebut.

3. Depresi atau stress
Depresi juga sering dialami oleh para wanita yang masuk dalam usia menopause, sebenarnya gejala ini merupakan sebuah gejala normal yang dialami oleh setiap wanita. Beberapa wanita juga kadang rawan mengalami kondisi stres atau depresi baik untuk keadaan fisik atau psikologisnya.

4. Susah tidur
Mengalami susah tidur sebenarnya merupakan sebuah keadaan yang tidak menyenangkan apalagi kita juga butuh istirahat. Namun bagi wanita menopause sudah umum mengalami hal ini. Kesulitan tidur juga bisa disebabkan oleh hot flashes yang tadi dijelaskan.

5. Kesehatan pembuluh darah
Menginjak ke masa transisi menopause merupakan sebuah hal yang rentan mengancam kesehatan pembuluh darah setiap wanita. Hal ini juga diutarakan oleh riset dari Universitas Colorado. Beberapa masalah yang mungkin timbul pada wanita pramenopause seperti bengkak pada kaki dan lengan, sehingga perlu merawat pembuluh darah. Salah satu caranya yaitu minum banyak air pada malam hari.

6. Daya ingat menurun
Wanita yang rentan mengalami hot flasehes pada saat pra menopause bisa rawan mengalami pikun, yaitu suatu keadaan daya ingat mulai menurun.

Komentar

News Feed