oleh

Jadwal Malam Lailatul Qadar dan Amalam Yang Harus Dilakukan

Lailatul Qadar
Lailatul Qadar

Jadwal Malam Lailatul Qadar dan Amalam Yang Harus Dilakukan – Bulan Suci Ramadhan sudah tidak terasa akan berakhir beberapa hari lagi. Di 10 hari malam terakhirnya merupakan momen yang ditunggu-tunggu karena disebut sebagai malam Lailatul Qadar yaitu malam ketetapan dalam bahasa Arab. Malam ini merupakan sebuah malam yang sangat penting bahkan lebih baik dari seribu bulan, malam Lailatul Qadar juga diperingati sebagai malam turunnya ayat suci Al Quran ke dunia ini.

Di malam yang penuh kelimpahan dan keutamaan ramhad dimana janji Allah SWT kepada seluruh umat muslim yang hendak melaksanakan malam lailatul qadar tersebut benar-benar diijabah dan mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan yang dijanjikan Allah. Hal tersebut, lantaran malam Lalatul Qadar yang disebut sebagai malam lebih baik daripada malam seribu bulan.

Sedangkan malam lailatul qadar sendiri terjadi pada 10 malam terakhir saat bulan puasa atau di tanggal 20 malam hingga 29 malam bulan Ramadhan. Sebagaimana ada hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah mengungkap bahwa Nabi Muhammad SAW melakukan i’tikaf pada 10 malam terakhir di bulan suci Ramadhan, kemudian beliau bersabda yang artinya : “carilah malam Lailatul Qadar di malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan”.

Dalam hadist tersebut sudah jelas dikatakan bahwa kita sebagai umat Islam bisa melakukan malam Lailatul Qadar saat malam malam ganjil di 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Sehingga untuk mencapai kelimpahan keutamaan dari Allah SWT kita harus mengetahui jadwal malam-malam ganjil di 10 malam terakhir bulan puasa Ramadhan untuk memperoleh kelimpahan ramhat dari Allah SWT.

Untuk itu, sebagai saran, jika hendak mencari malam lailatul qadar maka harus dilakukan persiapan yang membuat badan kita bugar dan sehat sehingga tidak mengantuk dan yang kita cari menghasilkan. Berdasarkan penanggalan umum, maka jika dicocokkan dengan malam ganjil di 10 terakhir itu bisa dimulai sejak Selasa, 5 Juni 2018 hingga malam terakhir Ramadhan yaitu tanggak 7 Juni, 9 Juni, 11 Juni dan 13 Juni 2018. Pelaksanaan untuk melakukan i’tikaf guna mencari Lailatul Qadar dimulai dari tenggelamnya matahari sampai terbit fajar atau waktu subuh.

Amalan i’tikaf yang dimaksud bisa dilakukan dengan melaksanakan shalat, melakukan dzikir, membaca alquran mulai dari usai shalat isyak hingga shalat subuh. Akan tetapi dalam hal ini amalan shalat lah yang paling utama dilakukan.

Komentar