oleh

Inilah Makanan Yang Harus Dihindari Karena Jadi Pemicu Penyakit Asam Urat Naik

Asam Urat
Asam Urat

Inilah Makanan Yang Harus Dihindari Karena Jadi Pemicu Penyakit Asam Urat Naik – Asam urat merupakan sebuah penyakit yang tentu tidak asing lagi untuk kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa kecuali, terlebih bagi mereka yang sudah berusia 40 tahun ke atas. Di Indonesia penyakit ini sudah cukup umum untuk didengar, sayangnya meski sudah tak asing lagi, masyarakat masih belum sadar betul apa sebenarnya penyebab dari penyakit ini.

Meskipun bukan termasuk penyakit kronis jika ditangani dengan baik, namun penyakit asam urat cukup menganggu, apalagi jika asam urat di tubuh sedang naik tentu kita akan terkendala untuk melakukan berbagai aktivitas.

Sejatinya, penyakit asam urat sendiri adalah sebuah peradangan yang terjadi pada sendi, hal ini disebabkan oleh menumpuknya zat asam urat dalam tubuh kita. Zat tersebut adalah bahan kimia yang dibuat oleh tubuh selama pemecahan purin yang seharusnya dikeluarkan lewat urin.

Pemicu asam urat bisa naik dalam tubuh rupanya karena makanan yang kita konsumsi. Oleh karena itu, penderita penyakit ini harus menghindari beberapa makanan tertentu seperti :

1. Daging kerang
Kerang yang termasuk dalam makanan seafood ini merupakan makanan yang enak, namun hati-hati bagi kamu penderita penyakit asam urat karena didalamnya memiliki kandungan purin cukup tinggi yang bisa meningkatkan asam urat.

2. Hati
Hati merupakan salah satu jeroan yang ada pada hewan konsumsi seperti hati ayam, sapi, kambing, bebek, dan lain-lain. Seperti kerang, hati juga memiliki purin tingkat tinggi, oleh karenanya kita harus mengurangi bahkan menghindari konsumsi hati yang dapat menyebabkan asam urat naik.

3. Bayam
Sayuran yang satu ini memang baik untuk kita konsumsi, namun perlu diketahui bahwa bayam mengandung purin tinggi. Meski tidak sebesar kandungan yang ada pada daging, akan tetapi sayuran hijau seperti bayam ini jangan terlalu banyak dikonsumsi bagi penderita asam urat ya.

4. Bir
Kamu yang sudah terdiagnosa mengidap asam urat maka tentu harus menghindari minuman keras ini, selain memang tidak baik untuk kesehatan juga dapat meningkatkan jumlah purin dalam tubuh sehingga asam urat pun meningkat.

5. Kembang kol
Sama seperti bayam, sayuran ini juga termasuk sayuran hijau yang kaya dengan kandungan purin tinggi. Meski memiliki banyak manfaat, namun penggunaannya tidak dianjurkan bagi penderita asam urat mengkonsumsi terlalu banyak.

Komentar

News Feed