oleh

Doa dan Cara Melakukan Shalat Tasbih di Malam Lailatul Qadar

Doa dan Cara Melakukan Shalat Tasbih di Malam Lailatul Qadar – Seperti diketahui apabila sekarang ini sudah masuk pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan dan hampir seluruh mazhab baik Imam Syafi’i Hambali Hanafi dan Maliki mempercayai apabila pada 10 hari terakhir di malam bulan puasa ada satu malam yang sangat Agung dan penuh barokah yaitu malam Lailatul Qadar. Beberapa alim ulama mengatakan sangat dianjurkan kepada seluruh umat muslim ketika datang malam-malam ganjil malam Lailatul Qadar karena tidak diketahui kapan datangnya, untuk melakukan banyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT Salah satunya yaitu dengan melakukan salat tasbih.

Lalu bagaimana doa salat tasbih dan tata cara salat tasbih yang baik dan benar sesuai yang dianjurkan oleh salah satu mazhab yaitu Imam Syafi’i radhiallahu an di malam Lailatul Qadar. Maka pada tiga kali ini kami akan membahas secara singkat dan padat tentang cara melakukan salat tasbih disertai doa tepat di malam Lailatul Qadar yang biasa dipercayai oleh mayoritas ulama turunnya pada malam ganjil. Walaupun untuk hukum salat tasbih sendiri adalah sunnah, akan tetapi dianjurkan ketika kita kedatangan malam-malam ganjil di bulan Ramadan untuk mengisi dengan kegiatan ibadah seperti yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dengan menganjurkan kepada seluruh umatnya untuk memperkuat ikatan sarung.

Bulan Ramadan yang penuh berkah terutama menjelang 10 akhir di bulan Ramadan yang dipastikan dari jumhur ulama adanya Satu Malam yang sangat istimewa yaitu malam Seribu Bulan alias malam Lailatul Qadar, maka alangkah baiknya diisi dengan kegiatan agama salah satunya adalah dengan melaksanakan sholat tasbih terutama bagi anda semua yang bermazhab Imam Syafi’i atau Nahdlatul Ulama.

Tata cara salat tasbih

Seperti dikutip dari berbagai sumber, tata caranya sendiri Anda bisa melihat artikel kami berikut ini.

  • Melakukan Takbiratul Ihram berbarengan dengan niat di bawah ini.

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya berniat salat sunat Tasbih 2 rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala,”

  • Selanjutnya Anda membaca doa iftitah
  • Membaca surat al-fatihah dan surat pendek
  • Selanjutnya Anda membaca kalimat tasbih yang memang dianjurkan oleh Imam Syafi’i ra yaitu sebagai berikut:

سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر

ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم

  • Untuk membaca tasbih di atas dibaca sebanyak 15 kali sebelum anda melakukan ruku.
  • Selanjutnya Anda rukuk lalu membaca kalimat tasbih sebanyak 10 kali dan lafalnya Seperti di atas
  • Selanjutnya Anda i’tidal dan membaca kalimat tasbih sebanyak 10 kali dan lafalnya Seperti di atas
  • Selanjutnya Anda sujud lalu membaca kalimat tasbih sebanyak 10 kali dan lafalnya Seperti di atas
  • Lalu Anda duduk diantara dua sujud lalu membaca tasbih sebanyak 10 kali dan lafalnya Seperti di atas
  • Silakan Anda duduk istirahah yaitu duduk sebelum Anda bangun untuk berdiri lalu membaca kalimat tasbih sebanyak 10 kali dan lafalnya Seperti di atas
  • Selanjutnya Anda tasyahud atau tahiyat dengan membaca kalimat tasbih sebanyak 10 kali dan lafalnya Seperti di atas

Apabila dijumlahkan makna kalimat tasbih pada seluruh jumlah salat tasbih yaitu diperkirakan 75 kali untuk setiap rokaat.

Keterangan sholat tasbih sendiri sudah ada dalam Hadits Shahih yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud radhiallahu an, yang tercantum melalui kitab shahih Bukhari dan Muslim.

Setelah anda melakukan salat tasbih maka dianjurkan untuk melakukan doa sholat tasbih dan untuk doanya Anda bisa melihat artikel berikut ini.

Doa salat tasbih

Apabila anda sudah melaksanakan dua rokaat salat tasbih maka sangat dianjurkan untuk membaca doa salat tasbih dengan jumlah sekitar 300 kali dan doanya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُك تَوْفِيقَ أَهْلِ الْهُدَى وَأَعْمَالَ أَهْلِ الْيَقِينِ وَمُنَاصَحَةَ أَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ أَهْلِ الصَّبْرِ

وَوَجَلَ أَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ أَهْلِ الوَرَعِ وَعِرْفَانَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى أَخَافَك،

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ مَخَافَةً تَحْجِزُنِي عَنْ مَعَاصِيكَ حَتَّى أَعْمَلَ بِطَاعَتِك عَمَلًا أَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاك وَحَتَّى أُنَاصِحَكَ بِالتَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْك

حَتَّى أَخْلُصَ لَك النَّصِيحَةَ حَيَاءً مِنْكَ وَحَتَّى أَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا وَحَتَّى أَكُونَ أُحْسِنَ الظَنَّ بِكَ، سُبْحَانَ خَالِقِ النُّورِ. ا هـ وَفِي رِوَايَةٍ خَالِقِ النُّورِ

Itulah pembahasan kami tentang tata cara sholat tasbih dan doa setelah sholat tasbih yang bisa anda lakukan pada malam ganjil menjelang 10 hari terakhir di bulan Ramadhan alias saat malam Lailatul Qadar. Semoga tikar ya kami bahas bisa menjadi referensi untuk anda semua dan selamat beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Komentar

News Feed