oleh

Data Korban Gempa Bumi Berkekuatan 6,4 SR di Lombok Mencapai 500 KK

Gempa Di Lombok
Gempa Di Lombok

Data Korban Gempa Bumi Berkekuatan 6,4 SR di Lombok Mencapai 500 KK – Gempa bumi kembali melanda Tanah Air kemarin sehingga memberikan duka mendalam. Ya, tepatnya pada hari Minggu, 29 Juli 2018 kemarin telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan hingga 6,4 SR, gempa ini mengguncng pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Hal ini juga berdasarkan atas laporan Kepala Dinas Sosial Nusa Tenggara Barat Ahsanul Khalik.

Disebut oleh Ahasanul Khalik, dari data sementara yang ada ditemukan sebanyak 500 kepala keluarga yang menjadi korban karena dampak dari gempa tersebut yang datanya diambil dari by name by address.

Selanjutnya, Ahsanul mengungkap setidaknya terdapat tiga kecamatan yang menjadi dampak paling parah dari gempa bumi di Lombok tersebut. Tiga kecamatan tersebut yaitu kecamatan Sambelia, kecamatan Sembalun yang ada di Kabupten Lombok Timur, sementara satu kecamatan lainnya yaitu kecamatn Bayan di Lombok Utara.

Berdasarkan data terbaru, untuk korban yang meninggal dari dampak gempa bumi ini pada hari Minggu, 29 Juli kemarin jam 20.00 WITA tercatat hingga 16 orang. Secara rinci, terdapat 9 orang dari kecamatan Sambelia, lalu satu orang di kecamatan Sembalun, kemudian empat orang lainnya dari Kabupaten Lombok Utara.

Terdapat dua orang yang menjadi korban gempa bumi ini dari wisatawan yang menjadi Gunung Rinjani, dimana salah satunya bernama Siti Nur Ismawida, seorang warga asing asal Negeri Jiran, Malaysia.

Selain itu, BPBD Nusa Tenggara Barat juga mencatat beberapa korban yang mengalami luka berat dan luka rngan yang ada di Kecamatan Sambelia. Korban ini kemudian langsung dilarikan ke lapangan Obel-Obel untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Tercatat sebanyak 51 orang korban yang dirawat disana. Sementara di Puskesmas Belanting terdapat 62 orang mengalami luka-luka, 9 orang lainnya dirawat di Puskesmas Sambelia, sementara ada juga sebanyak 29 korban yang dirawat di Kecamatan Sembalun.

Korban luka yang ada di Kabupaten Lombok Utara tercatat sebanyak 5 orang yang mengalami luka berat, sementara ada 41 orang lainnya mengalami luka ringan akibat gempa.

Gempa bumi ini tidak hanya menyisakan korban tewas dan luka-luka saja, akan tetapi juga banyak beberapa bangunan yang hancur dan rusak. Seperti yang ada di Kabupaten Lombok Timur terdapat sebanyak 1000 unit rumah mengalami kerusakan dalam kategori rusak berat, rusak sedang dan ringan. Sementara untuk di daerah Kabupaten Lombok Utara datanya terdapat 41 rumah rusak berat, 74 rusak sedang dan sebanyak 148 rusak ringan.

Komentar

News Feed