oleh

Ciri Datangnya Malam Lailatul Qadar Harus Anda Ketahui

Ciri Datangnya Malam Lailatul Qadar Harus Anda Ketahui – Hari raya Idul Fitri yang menjadi hari raya terbesar bagi umat Islam seluruh dunia termasuk di Indonesia tinggal menghitung hari lagi, di mana bagi seluruh umat Islam ketika memasuki 10 hari terakhir di Malam idul Fitri biasanya mereka akan sangat rajin beribadah karena sesuai dengan petunjuk Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yang memerintahkan untuk mengencangkan ikatan sarung yang mempunyai pemaknaan harus rajin melakukan ibadah di saat malam ganjil Lailatul Qadar tepatnya pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan.

Namun banyak diantara kita yang tidak mengetahui Tanda datangnya malam Lailatul Qadar padahal sebetulnya sudah ada beberapa hadis yang mengisahkan dan menceritakan terkait tanda malam Lailatul Qadar yang bisa dirasakan oleh umat muslim di dunia. Berbicara malam Lailatul Qadar atau yang dikenal sebagai malam seribu bulan, dimana amal ibadah kita akan dilipatgandakan dan lebih baik ketimbang 1000 bulan atau usia manusia selama 83 tahun ketika pas Anda beribadah pada malam tersebut.

Bagi siapapun yang mendapatkan malam Lailatul Qadar dengan cara beritikaf dan beribadah seperti membaca ayat suci Alquran, sholat mutlak, melakukan salat tasbih, membaca sholawat, dan amalan ibadah lainnya tepat di malam Lailatul Qadar yang memang masih misteri dan belum diketahui maka orang tersebut akan mendapatkan kelebihan lebih salah satunya mereka dinilai lebih mulia ketimbang ibadah sampai 1000 Bulan atau 83 tahunan.

Berbicara tentang sejarah malam Lailatul Qadar, maka tidak akan lepas dengan Nuzulul Quran dimana Allah Subhanahu Wa Ta’Ala menurunkan ayat Alquran yang pertama kali kepada nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril di Baitul Izzah yaitu sebuah ruangan ilahiyah.

Setelah Alquran turun selanjutnya Malaikat Jibril pun langsung memberikan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW pada malam tersebut. Namun, dalam beberapa hadits yang shohih tidak ada yang bisa mengetahui kapan turunnya malam Lailatul Qadar akan tetapi kebanyakan jumhur ulama menegaskan dari empat mazhab yaitu mazhab Imam Syafi’i Imam Maliki Imam Hambali dan Imam Hanafi yaitu 10 hari terakhir di bulan Ramadan, dan yang paling subur lagi yaitu malaman ganjil 10 hari di bulan Ramadan.

Akan tetapi, ada beberapa Hadits Rasulullah hal yang menegaskan terkait adanya ciri turunnya malam Lailatul Qadar dan hal ini dipercayai oleh para penganut Imam Syafi’i radhiallahu an yaitu Nahdlatul Ulama.

Tanda turunnya malam Lailatul Qadar

Seperti dikutip laman Tribunnews, salah seorang ulama NU bernama KH Ridwan Syuaib yang menjadi Rois syuriah pcnu kabupaten Pringsewu menegaskan jika datangnya malam Lailatul Qadar salah satunya dipastikan turun pada malam ganjil di 10 hari bulan Ramadhan.

Selanjutnya untuk tanda-tanda dari alam yang bisa dirasakan oleh manusia seperti yang diungkapkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam salah satunya adalah malam akan terlihat sangat terang, cerah, tidak panas dan tidak juga dingin, tidak ada mendung, tidak terjadi hujan, dan tidak berangin, juga tidak akan ada binatang yang berjalan.

Selanjutnya untuk tanda pada siang hari biasanya akan terasa sangat cerah di mana matahari terus bersinar tetapi tidak terasa panas oleh siapapun.

KH Ridwan Syuaib langsung menganjurkan dan menghimbau kepada seluruh umat muslim terutama para Nahdiyyin untuk menghidupkan pada halaman ganjil 10 hari di bulan Ramadan atau Malaman Lailatul Qadar dengan melakukan aktivitas keagamaan seperti i’tikaf di masjid dengan membaca Alquran, melakukan salat mutlak, melakukan salat tasbih, dan kegiatan lainnya yang memang bermanfaat dan sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

Komentar

News Feed