oleh

Bagaimana cara meningkatkan keahlian untuk berkomunikasi?

-Inspirasi-61 views

1. Perbaiki Penampilan

Semakin kamu menarik, semakin orang akan tertarik tentang apa yang akan kamu katakan. Artinya, mereka akan memberimu kesempatan dalam percakapan yang membuatmu lebih mudah untuk menjadi dirimu sendiri dan tampak berkarisma.

Ada pula yang disebut dengan Halo Effect, yaitu saat orang yang kita anggap menarik juga akan kita anggap memiliki ciri positif lainnya. Jadi, kalau kamu menarik kamu akan memiliki lebih sedikit rintangan sehingga orang akan menganggapmu percaya diri.

2. Meningkatkan kualitas suara

Suara sama bagusnya dengan penampilan. Ungkapan ini juga sering digunakan untuk menggambarkan betapa pentingnya untuk menghasilkan audio yang bagus dalam pembuatan video. Hal yang sama juga berlaku untuk orang.

Semakin bagus suaramu, semakin orang tertarik untuk berbincang denganmu. Latihan olah suara. Latihan mengucapkan kata-kata yang berbelit (tongue twister). Pelajari pemenggalan kalimat. Cukup minum agar tenggorokan tidak kering.

Jika sudah melakukan semuanya, suaramu akan terdengar jauh lebih estetik sehingga orang akan merasa nyaman untuk berbincang denganmu.

3. Belajar mendengarkan (atau pura-pura mendengarkan)

Menatap seseorang saat dia berbicara sambil sesekali menganggukkan kepala akan membuatnya merasa didengar. Ini sangat penting. Membuat seseorang merasa didengar itu lebih penting daripada mendengarkan itu sendiri.

Sebagai tambahan, tunggu beberapa saat setelah orang lain berhenti berbicara sebelum menanggapi. Ini juga akan membuatnya berpikir kalau-kalau telah membuat kesalahan dalam berbicara. Ketika kamu akhirnya berbicara, dia akan merasa lega telah mendengar suaramu.

4. Sadar situasi

Kemampuan berkomunikasi seseorang terkadang terhalang karena mereka tidak paham dengan aturan tidak tertulis dalam situasi tertentu. Bukan berarti kamu harus hapal semua etika sosial yang berlaku, tetapi kamu harus menunjukkan bahwa kamu sebenarnya tahu saat kamu terpaksa melanggar aturan.

Misal dengan berkata “Maaf, seharusnya saya tidak menyampaikan ini, tapi …” akan membuat orang lain tahu kalau kamu paham akan situasi dan membuat mereka nyaman berbincang denganmu.

Komentar

News Feed