oleh

Acara Brownis Sahur dan Ngabuburit Happy Ditegur KPI

Acara Brownis Sahur dan Ngabuburit Happy Ditegur KPI – Sepertinya pihak komisi penyiaran Indonesia Pusat atau KPI sudah merasa gerah dengan beberapa acara Ramadan yang meramaikan beberapa stasiun televisi dikarenakan ada saja di dalam acara tersebut yang memang tidak sesuai dengan kriteria yang sudah dilontarkan oleh KPI untuk masalah jurnalistik. Ada sebanyak 2 acara yang belum lama ini mendapatkan teguran dan sanksi administratif yaitu teguran tertulis untuk program acara ramadan 2018, selain sudah memberikan teguran kepada acara Pesbukers dan ternyata ada 2 acara lagi yang mendapatkan teguran dari KPI yaitu acara Brownies sahur dan ngabuburit happy.

Acara Brownies sahur dan ngabuburit happy resmi diberi teguran oleh pihak KPI dikarenakan ada salah satu acara yang menyalahi aturan yang sudah ditetapkan oleh komisi penyiaran Indonesia Pusat yang tayang di stasiun televisi Trans TV. Acara yang berlangsung pada hari Jumat 8 November 2018 yang lalu tersebut mendapatkan pelanggaran yang lumayan berat sehingga pihak KPI harus memberikan teguran tertulis Untuk kedua program tersebut.

Teguran KPI untuk acara Brownies sahur dan ngabuburit happy

Kedua acara tersebut menurut komisi penyiaran Indonesia sudah melakukan pelanggaran pada p3sps yaitu pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran tahun 2012 dan tidak selaras dengan arti dan nilai Ramadan.

Dari pengakuan yuliandre Darwis selaku Ketua KPI pusat apabila kedua acara tersebut sudah diajukan oleh beberapa masyarakat dan diterima langsung oleh KPI pusat selanjutnya KPI pusat melakukan Pemantauan dan hasilnya Apabila mereka menemukan pelanggaran pada acara Brownies sahur dan ngabuburit Happy yang tayang di Trans TV.

Pelanggaran brownies sahur yang tayang di Trans TV pada 4 Juni 2018 mulai jam 02.43 WIB dikarenakan menampilkan sebuah adegan seorang pria yang mengoleskan krim dan telur di wajah rekannya pelanggaran selanjutnya yaitu pada tanggal 30 Mei 2018 acara ini menampilkan seorang pria di mana bagian wajah dan tubuhnya ditempeli lakban.

Menurut keterangan Andre apabila pelanggaran tersebut termasuk kategori pelanggaran atas ketentuan norma kesopanan dan kesusilaan juga penggolongan program siaran.

Selanjutnya pelanggaran acara ngabuburit Happy yang masih sama tayang di TransTV yaitu pada tanggal 3 Juni 2018 di mana acara tersebut ada beberapa kata yang sangat tidak pantas diucapkan, di mana menurut Ketua KPI kata-kata atau diantaranya : “Lah kalau asli kan gua belum genjot dia,” selanjutnya kata yang tidak pantas lainnya yaitu ada ungkapan Kroya juga gede.

Bukan hanya itu saja, pada acara ngabuburit Happy via KPI pusat menemukan bukti pelanggaran di mana adanya rekaman tersembunyi terkait perseturuan seorang pria dan perempuan akibat cemburu pasangannya berakting dengan pria yang lain.

https://www.instagram.com/p/Bjy5OovgJWD/?taken-by=kpipusat

Dari pengakuan ketua KPI, untuk pelanggaran acara Brownies sahur sudah melanggar pedoman yaitu pasal 9 dan pasal 21 ayat 1 dan melanggar standar program siaran KPI tahun 2012 yaitu pasal 9 ayat 1 dan selanjutnya Pasal 37 ayat 4 huruf a.

Sedangkan untuk ngabuburit happy dipastikan melanggar p3kp yang tertuang pada pasal 13 dan pasal 14 juga SP skpi yang tertuang pada pasal 13 ayat 1 selanjutnya pasal 15 ayat 1.

Komentar

News Feed