PSBB Jawa Barat-IG
PSBB Jawa Barat-IG

KABARHARIANNUSANTARA.COM – Mulai 6 Mei 2020 PSBB Jawa Barat DiberlakukanĀ Mulai tanggal 6 Mei 2020 yang akan datang maka seluruh kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat dipastikan akan menerapkan pembatasan sosial berskala besar atau yang biasa dikenal dengan PSBB Jawa Barat di mana Hal ini dilakukan supaya Jawa Barat bisa terbebas dan bisa memutus peredaran wabah virus Corona yang kian hari semakin mengkhawatirkan dan untuk masalah PSBB tersebut, tinggal menunggu persetujuan dari Menteri Kesehatan terawan Agus Putranto.

Ketika kemenkes terawan Agus Putranto langsung memberikan tanda tangan terkait PSBB Jawa Barat, maka dipastikan seluruh kabupaten kota yang ada di Jawa Barat akan langsung melakukan pembatasan sosial berskala besar selama 14 Hari penuh yaitu yang akan dimulai pada tanggal 6 Mei 2020 sampai tanggal 19 Mei 2020 yang akan datang.

Seperti diketahui apabila menteri terawan sudah memberikan tanda tangan terkait surat keputusan dengan nomor HK.01.07/Menkes/289/2020 tentang penetapan psbb di Jawa Barat dalam rangka untuk percepatan penanganan virus Corona sehingga dalam bentuk SK Kemenkes ini, disebutkan psbb berlangsung untuk masa terpanjang inkubasi virus atau sekitar 14 Hari.

Ketika Gubernur Jawa Barat, ridwan Kamil mendapatkan salinan SK dari Menteri Kesehatan, ia langsung menggumumkan ke publik melalui live streaming di Instagram tepatnya pada hari Jumat 1 Mei 2020 sekitar jam 21.00 WIB. Pada pengumuman tersebut, kang Emil menegaskan apabila untuk PSBB Jawa Barat akan dimulai pada hari Rabu, 6 Mei 2020 sampai tanggal 19 Mei 2020 yang akan datang.

Seperti diketahui sebelumnya, apabila sampai sekarang ini sudah ada 10 kabupaten kota yang lebih dulu menerapkan psbb antaranya adalah Bogor Depok dan Bekasi yang meliputi kabupaten kota Bogor, kabupaten kota Bekasi, kabupaten Kota Depok, selanjutnya wilayah Bandung Raya diantaranya kota Bandung, kabupaten Bandung, kabupaten Bandung Barat, kota Cimahi, kabupaten Sumedang.

Selanjutnya untuk PSB bodebek diperpanjang sampai 12 Mei dan selanjutnya untuk psbb Bandung Raya akan berakhir tanggal 5 Mei 2020 yang akan datang. Selanjutnya dengan adanya keputusan PSBB Jawa Barat, maka dipastikan beberapa daerah yang sudah melakukan PSBB akan kembali memperpanjang pembatasan sosial berskala besar sampai tanggal 19 Mei 2020.

Menurut Ridwan Kamil untuk PSBB Jawa Barat sekarang ini berada di posisi dan momen yang sangat pas dikarenakan sekarang ini tren penularan virus Corona sedang menurun dikarenakan dampak positif PSBB yang diberlakukan di beberapa wilayah di Indonesia termasuk salah satunya DKI Jakarta,Bodebek, bandung Raya, dan beberapa wilayah yang ada di Indonesia.

Dengan adanya psbb di Jawa Barat, ridwan Kamil sangat mengharapkan apabila masyarakat bisa mengikuti seluruh peraturan yang telah ditetapkan dikarenakan dengan adanya pembatasan sosial berskala besar sudah terbukti dapat mengurangi penyebaran wabah virus Corona dan hal ini menjadi angin segar untuk Indonesia.

Ketika daerah yang melangsungkan psbb selain mengikuti prosedur pemerintah pusat dan pemerintah daerah, akan tetapi mengikuti prosedur WHO diantaranya adalah orang yang meninggal gejala klinis diduga terjangkit virus Corona, maka harus dimasukkan sebagai korban pandemi wabah virus Corona Covid-19.

Selanjutnya untuk jenazah yang meninggal akan diperlakukan sesuai dengan pedoman WHO dan juga sesuai dengan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan republik Indonesia dikarenakan hal tersebut bisa menjadi langkah antisipatif pencegahan penularan virus Corona di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.