Arab Saudi Lock Down - Twitter
Arab Saudi Lock Down - Twitter

KABARHARIANNUSANTARA.COM – 1 Bulan Lockdown, Arab Saudi Siap Membuka Masjidil Haram dan Nabawi Seperti diketahui apabila sampai hari ini sudah 3 bulan lamanya pandemi wabah virus Corona terus menyerang berbagai negara di seluruh dunia termasuk di antaranya adalah Arab Saudi. Sehingga kerajaan Arab Saudi ketika mereka diserang dengan wabah virus mematikan ini, mereka langsung melakukan Lockdown selama satu bulan penuh dan kabar terbaru yang beredar luas di media sosial, setelah Arab Saudi Lockdown selama 1 bulan dikabarkan dalam waktu dekat ini sudah mulai melonggarkan aktivitas tersebut dan kabarnya beberapa Mall sudah dibuka dan selanjutnya dalam waktu dekat ini akan kembali membuka Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Virus Corona memang menjadi salah satu virus menakutkan yang dirasakan oleh masyarakat yang ada di dunia tak terkecuali masyarakat yang ada di Arab Saudi dimana akibat virus tersebut, kegiatan ibadah umroh langsung ditiadakan selanjutnya kegiatan salat Jumat di beberapa masjid ditiadakan dan diganti dengan Dhuhur, malahan untuk salat Tarawih di bulan puasa 2020 dianjurkan untuk dilakukan di rumah. Arab Saudi Lockdown sudah berlangsung satu bulan penuh dan selanjutnya pada tanggal 30 April 2020 kerajaan Arab Saudi mengumum kan memperlonggar Lockdown dan akan kembali membuka kegiatan ibadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Seperti diketahui apabila kegiatan Lockdown yang dilakukan oleh kerajaan Arab Saudi yaitu pada awal bulan Maret yang lalu di mana mereka melakukan Lockdown di sejumlah wilayah di antaranya Riyadh, mekah dan Madinah. Untuk akses keluar dan juga masuk ke 3 Kota besar di Arab Saudi tersebut langsung ditutup dan dibatasi termasuk perjalanan di 3 yang diberlakukan.

Aturan Lockdown Arab Saudi sepertinya sekarang ini sudah mulai dilonggarkan dikarenakan pada hari kemarin untuk aturan penutupan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi 1 jam setelah salat Isya dan akan dibuka satu jam sebelum salat subuh setiap hari dimana langkah tersebut sebagai upaya pencegahan wabah virus Corona yang menyerang Arab Saudi. Selanjutnya untuk lantai atap tetap terbuka untuk salat dan juga menutup sementara lokasi sekitar Ka’bah.

Namun Belum lama ini syekh Abdul Rahman al-sudais memberikan pengumuman melalui akun twitter resmi miliknya apabila Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dalam waktu dekat ini akan dibuka kembali untuk aktivitas ibadah seperti biasa.

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan dibuka untuk melakukan tawaf dan salat wajib dan penghormatan kepada nabi Muhammad SAW, selanjutnya diharapkan dengan dibukanya kembali akses ke dua masjid tersebut tetap Waspada di mana beberapa langkah terbaik akan diambil oleh kerajaan Arab Saudi supaya tetap beribadah dan juga terhindar dari wabah virus Corona.

Syekh Al Sudais meminta kepada seluruh umat muslim yang ada di dunia untuk terus berdoa kepada Allah SWT supaya pandemi wabah virus Corona COVID-19 bisa secepatnya selesai dan umat muslim bisa beribadah di masjid seperti sedia kala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.