Bahan Baku Pembuatan Masker di Ekspor Turki ke Indonesia - IG
Bahan Baku Pembuatan Masker di Ekspor Turki ke Indonesia - IG

KABARHARIANNUSANTARA.COM – Bahan Baku Pembuatan Masker di Ekspor Turki ke Indonesia Salah satu bahan baku yang diperlukan untuk pembuatan masker wajah yang memang sesuai dengan standar WHO ternyata diekspor dari negara Turki di mana bahan yang diekspor dari negara tersebut ke Indonesia yaitu kain bernama melt blown. Kain ini adalah lembaran serat untuk bahan baku pembuatan masker di Indonesia di mana untuk bahannya memang belum ada di tanah air, sehingga harus diekspor dari negara Turki.

Negara Turki adalah salah satu negara yang selalu memprioritaskan negara Indonesia untuk ekspor kain melt blown, yang menjadi salah satu lembaran serat bahan utama pembuatan masker di Indonesia dimana pemerintah Turki langsung memberikan dukungan penuh kepada negara Indonesia untuk masalah ekspor bahan baku pembuatan masker melt blown, malahan Indonesia menjadi prioritas negara Turki walaupun di tengah pandemi virus Corona seperti sekarang ini.

Menurut menteri luar negeri yaitu Retno Marsudi kepada awak media, apabila pemerintah Turki selalu memberikan dukungan penuh bagi negara Indonesia untuk masalah pemenuhan bahan baku pembuatan masker yaitu melt blown yang menjadi salah satu bahan terpenting dalam pembuatan masker berstandar internasional dan sesuai dengan anjuran WHO.

Padahal diketahui apabila sebelumnya negara Turki sudah mengeluarkan larangan ekspor untuk bahan baku masker maupun ekspor peralatan medis semenjak negara tersebut mulai terdampak wabah virus Corona Covid-19 pada bulan Maret 2020 yang lalu. Selanjutnya negara Turki masih memproduksi masker dan bahan baku masker dan beberapa alat pelindung diri dalam jumlah besar.

Namun menurut duta besar RI untuk Turki yaitu lalu Muhammad Iqbal, apabila negara Indonesia dikecualikan oleh negara Turki untuk masalah bahan baku tersebut, malahan negara Indonesia bersama Turki semakin Solid untuk saling membantu terutama dalam menyediakan bahan baku penting dalam pembuatan masker berstandar Indonesia dan internasional sehingga hal ini tidak membuat negara Indonesia kesulitan bahan.

Diketahui apabila Indonesia seperti diungkapkan oleh menteri luar negeri retno Marsudi, bukan hanya bekerja sama dengan negara Turki untuk mengekspor bahan pembuatan masker saja, akan tetapi negara Indonesia sekarang ini melakukan impor bahan baku obat dari India.

Di mana menurut Menlu Retno permintaan untuk impor bahan baku obat berupa hidroklorokuin sulfat sudah disetujui oleh pemerintah India dan ia pun berterima kasih kepada perdana menteri India yang sudah melakukan kerjasama dengan Indonesia yang terus dijaga sangat baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.