Syarat Dan Cara Daftar Kartu Pra Kerja Prakerja.go.id
Syarat Dan Cara Daftar Kartu Pra Kerja Prakerja.go.id

KABARHARIANNUSANTARA.COM – Syarat dan Cara Daftar Kartu Pra Kerja di Web www.prakerja.go.id Seperti diketahui apabila pemerintah Presiden Joko Widodo belum lama ini sudah resmi merilis program terbaru mereka yaitu kartu pra kerja walaupun sekarang ini, masyarakat yang ada di Indonesia sedang menghadapi pandemi wabah virus Corona Covid-19. Harus kalian ketahui, apabila program kartu pra kerja 2020 merupakan program janji kampanye presiden Jokowi dan KH Ma’ruf amin yang sudah akan direalisasikan, selanjutnya bagi kalian yang ingin mendaftar maka bisa membaca persyaratan dan cara cara mendapatkan kartu pra kerja yang akan kami bahas pada artikel kali ini.

Syarat dan cara daftar kartu pra kerja bisa kalian ikuti melalui website www.prakerja.go.id di mana website tersebut sudah bisa diakses oleh para calon penerima kartu pra kerja dan bisa dilakukan pendaftaran secara online mulai minggu sekarang ini. Program tersebut merupakan sebuah program yang ditunjukkan untuk mengurangi dampak ekonomi dari wabah virus Corona yang memang sudah sangat mengganggu untuk perekonomian yang ada di seluruh wilayah di Indonesia.

Menurut Direktur eksekutif manajemen pelaksana kartu pra kerja yaitu denni Purbasari, apabila program kartu pra kerja nantinya akan menyasar sebanyak 5,6 juta peserta untuk tahun 2020 baik untuk pekerja formal dan pekerja non formal yang sudah terdampak wabah virus Corona di tahun ini.

Syarat mendapatkan kartu pra kerja

Untuk kalian semua yang ingin mencoba mengikuti program kartu pra kerja yang sudah resmi dirilis untuk websitenya oleh Presiden Joko Widodo, maka untuk persyaratannya adalah sebagai berikut.

  1. WNI atau warga negara Indonesia
  2. Minimal usia 18 tahun
  3. Sedang tidak mengikuti dalam pendidikan formal

Dianjurkan bagi calon peserta selalu melakukan update informasi melalui situs resmi prakerja.go.id

Cara daftar kartu pra kerja

Selanjutnya di bawah ini adalah cara yang mungkin harus kalian lakukan ketika program kartu pra kerja sudah siap dibuka untuk umum di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Silakan mengunjungi website resmi kartu pra kerja melalui link berikut ini: www.prakerja.go.id
  2. Silakan melakukan registrasi di website pra kerja
  3. Silakan mengisi semua data yang diberikan di website tersebut dengan baik dan benar sampai kalian mendapatkan informasi finish atau selesai.

Tunjangan kartu pra kerja

Untuk informasi terkait apa saja yang bisa didapatkan bagi calon pemegang kartu pra kerja maka ada beberapa tunjangan yang bisa kalian dapatkan diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Anggaran program kartu pra kerja mencapai 20 triliun
  • Tiap peserta kartu pra kerja akan mendapatkan tunjangan dan juga bekal Rp3.550.000 selama mereka mengikuti program tersebut
  • Untuk rincian dari jumlah yang didapatkan, biaya bantuan pelatihan rp1000000 dan tidak bisa dicairkan atau hanya untuk biaya pelatihan
  • Untuk Rp600.000 setiap bulan selama 4 bulan bisa bicara
  • Biaya insentif survei ke pekerjaan mendapatkan Rp150.000.
  • Untuk seluruh dana akan diterima oleh peserta kartu pra kerja secara bertahap dari sebelum sampai pelatihan kerja selesai dilaksanakan.

Metode skema pemberian insentif

Untuk mengetahui skema pemberian dana insentif kartu pra kerja yaitu akan ditransfer dalam beberapa tahapan selama 3 sampai 4 bulan dan nantinya dana tersebut akan masuk ke dalam rekening bank maupun dompet Digital dari para peserta program dan selanjutnya mereka bisa mengikuti pelatihan yang akan diselenggarakan secara online, selanjutnya setelah selesai mengikuti pelatihan maka peserta program nantinya akan memperoleh sertifikat pelatihan dari lembaga yang mereka ikuti.

Selanjutnya untuk pembayaran sampai pemilihan tempat pelatihan peserta dari kartu pra kerja nantinya akan menggandeng beberapa marketplace dan website yang menyelenggarakan pelatihan digital dan selanjutnya untuk Mitra pembayaran untuk program tersebut diantaranya adalah Bukalapak, tokopedia, skill Academy, pintaria, mau belajar apa, pijar, dan sekolahmu. Selanjutnya untuk Mitra pembayaran yaitu menggunakan aplikasi link aja, bank BNI dan OVO.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.