Pendaftaran Capres 2019
Pendaftaran Capres 2019
Pendaftaran Capres 2019
Pendaftaran Capres 2019

Hari Ini KPU Resmi Buka Pendaftaran Capres dan Cawapres, Ini Syaratnya – Setelah sekian lama menjadi topik perbincangan, kini akhirnya KPU (Komisi Pemilihan Umum) secara resmi telah membuka pendaftaran untuk calon presiden dan wakil presiden atau Capres-Cawapres yang akan dilaksanakan pada Pemilu 2019 mendatang. Skemanya adalah nanti, pasangan calon akan didaftarkan oleh partai politik atau bisa juga koalisi (gabungan) dari beberapa partai politik yang telah mengusung nama calon tersebut.

Rupanya, KPU telah secara resmi mengumumkan pembukaan Capres dan Cawapres ini pada hari Sabtu, 4 Agustus 2018 pukul 08.00 WIB tadi pagi. KPU juga mengumumkan bahwa pendaftaran ini akan segera ditutup pada hari Jumat, 10 Agustus 2018 mendatang pukul 24.00 WIB.

KPU juga tidak hanya meminta para calon saja yang hadir ketika melakukan pendaftaran Capres dan Cawapres ini, namun juga menghimbau supaya pimpinan partai politik sebagai pengusung calon tersebut pun ikut hadir. Untuk pendaftaran ini, perlu diketahui bahwa ada beberapa persyaratan yang diperlukan dan harus dipenuhi oleh bakal calon.

Disebut KPU bahwa salah satu persyaratannya yaitu bukti partai-partai yang mengusung tersebut sudah memenuhhi syarat melakukan koalisi, bisa dibuktikan dari tanda tangan atau cap jempol partai di dokumen pencalonan yang disertai oleh stempel.

Selain itu, KPK juga menyebutkan persyaratan lain yang diperlukan sebagai syarat calon. Dimana syarat calon ini seharusnya diisi serta ditanda tangani oleh capres dan cawapres yang hendak mendaftar pada Pemilu 2019 mendatang.

Menjelang Pemilu 2019 mendatang, Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) juga memberi himbauan agar nantinya para pendukung partai yang mengantarkan calonnya ini tidak memakai atribut provokatif, apalagi saat ini juga masih belum memasuki masa kampanye antar calon sehingga hal tersebut tidak diperbolehkan.

Menurut Bawaslu, penggunaan tagar-tagar merupakan salah satu atribut yang bersifat provokatif, disebut oleh Mochammad Afifudin selaku Anggota Bawaslu bahwa tagar inilah yang bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya ketegangan antar pendukung untuk memilih capres dan cawapres di pemilu nanti.

Pembukaan Capres dan Cawapres ini juga telah memiliki naungan hukum, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 tahun 2018 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019, masa pendaftaran sendiri akan berlangsung selama 7 hari ke depan.

Untuk mendukung kelancaran pendaftaran bakal Capres dan Cawapres ini, telah dipasagkan tenda yang nantinya dipakai untuk menampung para pendukung pasangan calon yang hendak mendaftar. Terdapat pula aparat keamanan kepolisian yang juga sudah menyiapkan diri untuk memberikan keamanan di lokasi pendaftaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.